Macam-macam Khasiat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong
Singkong

Ada begitu banyak khasiat singkong yang belum diketahui banyak orang. Singkong merupakan tanaman asli dari Brasil dan Paraguay. Singkong sendiri telah menjadi makanan pokok di Indonesia, Thailand, dan beberapa bagian di Afrika. Bagian tanaman yang digunakan menjadi makanan pokok adalah akarnya. Singkong masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Akarnya berfungsi sebagai sumber pati yang sangat baik. Singkong bisa menyediakan energi yang dibutuhkan, sebagai bahan bakar. Cocok bagi anda yang aktif dalam beraktivitas. Selain sebagai sumber tenaga, tentunya singkong juga berguna bagi kesehatan dengan banyaknya manfaat yang ada. Singkong memiliki kandungan vitamin, mineral, serta serat yang baik bagi tubuh manusia.

Kandungan serta Manfaat dalam Singkong
Sebelum membahas soal khasiat singkong, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kandungan-kandungan dalam singkong. Salah satu zat yang paling banyak dalam singkong adalah karbohidrat. Termasuk juga serat makanan yang bermanfaat. Mengkonsumsi serat dapat mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah dan menurunkan resiko obesitas. Satu cangkir singkong dapat meningkatkan asupan serat 3-7 gram. Hal ini menunjukkan kontribusi sekitar 10 persen terhadap asupan serat yang disarankan untuk pria dan 14 persen asupan serat yang disarankan untuk wanita. Pernyataan ini didasarkan pada penelitian yang telah banyak dilakukan mengenai singkong.

Selain memiliki kandungan serat dan karbohidrat, singkong juga mengandung magnesium dan tembaga. Untuk anda yang sedang diet, cobalah untuk diet kaya magnesium. Tujuannya unutk meningkatkan kesehatan seumuru hidup, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi resiko osteoporosis. Sedangkan untuk diet yang kaya tembaga berfungsi untuk memberi dukungan terhadap syaraf yang sehat. Secangkir singkong mengandung 206 mikogram tembaga, atau tepatnya 23 persen dari kebutuhan tembaga setiap hari. Selain itu, singkong juga meningkatkan asupan mangan dengan 0,7 miligram per porsi, atau sepertiga kebutuhan harian bagi pria, dan 44 persen untuk wanita. Khasiat singkong juga datang dari kandungan vitamin C dan folat yang berlimpah. Kandungan folat akan melindungi usus besar dari kanker dan mengurangi resiko komplikasi saat hamil. Vitamin C juga menawarkan perlindungan terhadap penyakit jantng koroner dan jenis kanker lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa singkong bebas gluten. Hal ini menandakan bahwa singkong bisa menjadi pengganti tepung yang baik. Orang yang menderita penyakit celiac, atau yang berbasis pada alergi gluten bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung singkong. Memanggang kue, roti, dan makanan lainnya juga membutuhkan gluten. Tujuannya untuk membuat kue atau roti menjadi mengembang sesuai ukuran yang diinginkan. Singkong juga mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada kentang. Sehingga salah satu khasiat singkong tertinggi adalah kaya akan pati. Kalori terutama berasal dari sukrosa, yang membentuk sebagian besar umbi ini.

Meskipun menjadi sumber kalori yang besar, singkong sangat rendah lemak. Jika dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Singkong juga memiliki lebih banyak protein dibandingkan dengan makanan tropis lainnya. Selain umbinya yang dapat dimanfaatkan, daun singkong juga bisa berkhasiat. Khasiat singkong yang bisa didapatkan melalui daunnya yaitu untuk membangun massa tulang serta mempromosikan aktivitas osteotrophic dalm tulang. Ini berkat kandungan protein dan vitamin K. Hal ini juga turut membentuk peran dalam pengobatan penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak. Singkong juga merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B kompleks yang berharga. Misalnya seperti folat, thiamin, piridoksin, riboflavin, serta asam pantotenat.

Singkong juga merupakan sumber utama dari beberapa mineral penting. Misalnya seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Singkong juga memiliki kandungan kalium yang cukup. Kalium sendiri adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Tetapi ada beberapa catatan mengenai singkong yang perlu untuk anda ketahui. Singkong adalah akar alami beracun cyanogeni,c yaitu senyawa glikosida linamarin dan metil linamarin. Sehingga konsumsi singkong mentah dapat menyebabkan gejala muntah, pusing, sakit kepala, sakit perut, hingga kematian. Maka dari itu, jika memang ingin mendapatkan khasiat singkong, jangan lupa untuk mengupas kulitnya dengan baik dan melakukan perendaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *